Minggu, 30 Januari 2011

Jambi Ikut Festival Gendang di Malaka

PELAYANG BLOG - JAMBI, Kabupaten Kerinci akan mengutus tim kesenian untuk mengikuti Festival Gendang Nusantara ke-14 di Malaka pada April 2011.
Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan Kabupaten Kerinci Arlis Harun di Jambi, mengatakan, Festival Gendang Nusantara itu setiap tahun digelar secara bergantian di negara- negara Asia rumpun Melayu.
"Festival Gendang Nusantara itu akan diikuti sejumlah negara rumpun Melayu dan beberapa provinsi di Indonesia," katanya.
Ia mengatakan, negara yang akan mengikuti festival tersebut, di antaranya, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Kamboja, dan Madagaskar.
"Sedangkan dari Indonesia, sejumlah daerah yang berakar rumpun Melayu akan mengikuti festival tersebut, antara lain Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, serta semua provinsi di Sumatera," katanya.
Kabupaten Kerinci akan mengutus 25 orang penabuh gendang dan tim tari yang akan tampil membawakan dua tarian, yakni tari Sike dan Talau.
Ia mengatakan, keikutsertaan Kabupaten Kerinci pada Festival Gendang Nusantara tersebut merupakan untuk yang pertama kalinya mewakili Provinsi Jambi.
Keikutsertaan Kabupaten Kerinci pada Festival Gendang Nusantara di Malaka tersebut memberi kebanggaan bagi pemerintah setempat, sekaligus mempromosikan Kerinci sebagai daerah wisata.
"Ikut sertanya Kabupaten Kerinci dalam festival tersebut dilatarbelakangi seringnya daerah ini menggelar atraksi kesenian yang sudah diagendakan setiap tahun lewat Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK)," katanya.
FMPDK yang digelar setiap tahun itu dihadiri oleh tamu dari dalam dan luar negeri. Karena itu, Panitia Festival Gendang Nusantara mengundang Kabupaten Kerinci sebagai salah satu peserta.
Sumber: http://oase.kompas.com

BERBAGI KE:
lintasberita

Berita Terkait:

0 Komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas comment nya kawan. Silahkan datang kembali ke blog saya ini ya?

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More