Kamis, 01 Juli 2010

Pesta Rondang Bittang, Wahana Pelestari Seni Budaya Simalungun


Simalungun, Sumut - Bupati Simalungun, T Zulkarnain Damanik, mengatakan Pesta Rondang Bittang (PRB) merupakan pesta seni dan budayanya etnis Simalungun dan diharapkan pesta yang digelar sekali dalam setahun itu dapat menjadi pengikat bagi etnis lainnya di kabupaten Simalungun .
Dikatakan, PRB dilaksanakan untuk melestarikan seni dan kebudayaan Simalungun, pesta rakyat ini harus terus dilaksanakan setiap tahunnya di setiap kecamatan secara bergiliran.
"Ini (kesenian dan budaya) harus lestari, tidak boleh hilang dari budaya nusantara. Selain itu, kegiatan PRB juga dapat dijadikan sebagai pengikat bagi etnis lainnya yang ada di Kabupaten Simalungun," tandasnya, tadi malam.
Dikatakan, tujuan penyelenggaraan PRB agar masyarakat Simalungun dapat menggali, mengerti dan merasa memiliki kesenian dan kebudayaannya sendiri. Dengan demikian kesenian dan kebudayaan Simalungun tetap terpelihara dengan baik.
Bupati menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh masyarakat Simalungun yang terdiri dari multi etnis yang juga turut mendukung dan mensukseskan pelaksanaan pesta seni dan budaya Simalungun yang digelar sekali dalam setahun itu.
"Ini suatu bukti, kekompakan, kebersamaan dan kerukunan di bumi 'habonaron do bona' ini tetap terjalin dengan baik. Mari terus ditingkatkan demi tercapainya percepatan pembangunan sosial, ekonomi dan budaya menuju masyarakat yang sejahtera dan bermartabat di masa yang akan datang," harapnya.
Sumber: http://www.waspada.co.id
Sumber Foto: http://www.tuandamanik. com

BERBAGI KE:
lintasberita

Berita Terkait:

0 Komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas comment nya kawan. Silahkan datang kembali ke blog saya ini ya?

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More