Minggu, 18 Juli 2010

Film Leonardo DiCaprio membingungkan



Film baru Christopher Nolan yang berjudul Inception merupakan film yang membingungkan otak kita.
Bahkan pemeran utamanya Leonardo DiCaprio mengakui naskah film ini tidak bisa dimengerti dalam satu kali baca.
"Saya perlu membacanya beberapa kali," ujar DiCaprio. "Tetapi sebenarnya yang lebih penting adalah duduk bersama Chris Nolan dan masuk ke dalam pikirannya."
Inception adalah film sci-fi Christopher Nolan setelah dia membuat lanjutan film Batman, The Dark Knight, yang menghasilkan lebih dari US$1 miliar dolar di seluruh dunia.
Dalam film ini DiCaprio berperan sebagai Dom Cobb, pemimpin satu kelompok pencuri yang menyerbu rahasia dari mimpi orang. Pemeran lain yang ikut ambil bagian adalah Michael Caine, Ellen Page, Cillian Murphy dan Marion Cotillard.
Karena sebagian besar aksi film ini terjadi di dunia mimpi, sangat banyak tampilan-tampilan yang menarik.
Satu kereta pengangkut barang tiba-tiba muncul di satu jalanan Los Angeles yang ramai. Satu kota tiba- tiba melipat diri seperti kertas tissu.
Ledakan kafe
Namun dalam menciptakan set dunia mimpi di film ini, Nolan tidak banyak mempergunakan trik-trik komputer.
Di satu adegan, DiCaprio dan Ellen Page (berperan sebagai arsitek Ariadne) duduk di depan kafe di kota Paris ketika seluruh jalanan di sekitar mereka meledak. Kedua bintang ini berada di pusat ledakan itu.
"Kami berada di sana," tegas DiCaprio. "Dia tidak banyak mempergunakan layar biru -dia pembuat film yang inovatif, tetapi sangat kuno dalam pendekatannya. Dia meletakkan semua bintangnya dalam lingkungan itu dan membuat anda beraksi seakan-akan anda memang ada dalam situasi itu."
Sebagian set film ini dibuat bisa berputar dan begerak miring agar bisa tercapai situasi dimana tidak ada daya tarik gravitasi. Apa pendapat DiCaprio saat dilempar sana sini?
"Ada adegan dialog panjang antara Cillian dan saya - empat atau lima halaman- dan adegan itu dilakukan di set yang dipasangi sistem hidrolik. Situasi ini membuat adegan itu tampak penting.
"Biasanya jika kita hanya melihat bola hijau yang mengambang dan latar belakang biru, kami akan merasa beda, tetapi dia benar-benar membuat set itu di atas poros dan kami harus menyelamatkan diri ketika kami berakting."
Menyadap pikiran
Setelah sepakat bermain di proyek Nolan ini DiCaprio segera mengunjungi perpustakaan.
"Banyak konsep dan visual itu sudah diolah di otaknya dalam 10 tahun terakhir, jadi saya mencoba menerapkan pendekatan tradisional dalam melakukan penelitian atas proyek ini- dan membaca mengenai Freud dan analisa mimpi.
"Tetapi saya sadar bahwa ini adalah dunia mimpi Chris Nolan dan saya perlu menyadap pikirannya."
DiCaprio telah bekerja dengan sejumlah sutradara kenamaan dunia: Martin Scorsese (Gangs of New York, The Aviator, The Departed, Shutter Island), James Cameron (Titanic) dan Steven Spielberg (Catch Me If You Can).
Lalu apa pendapatnya soal Nolan? "Dia memiliki sikap tenang dan santai," ujar DiCaprio.
"Anda mungkin berpikir bahwa seseorang yang bisa membuat film berkonsep ambisius adalah orang yang kebanyakan energi dan gila, tetapi dia hanyalah seseorang yang tahu apa yang dia mau.
"Saya ingat menonton Memento dan Insomnia beberapa tahun lalu dan terkagum-kagum dengan struktur plot beragam yang terungkap di depan mata saya."
Pengaruh mata-mata
Inception mendapat sambutan dan komentar sangat positif dari para kritikus film dan banyak pengamat terfokus pada kedalaman intelektualnya.
DiCaprio mengatakan melihat banyak "kemunculan kembali struktur alur cerita" dalam film-film yang dirilis pertengahan tahun ini.
"Cukup menyenangkan melihat film semacam ini yang mengambil sedikit resiko dan tidak menganggap rendah penonton, malah menantang mereka."
Sejumlah adegan Inception sendiri tampak mengambil banyak ide dari film James Bond. Nolan pun mengakui agen 007 itu memberi pengaruh besar.
Ketika film James Bond memasuki periode tak menentu, apakah DiCaprio mau mengganti Daniel Craig sebagai agen kenamanaan itu?
"Menurut saya dia melakukan tugas dengan baik," ujar DiCaprio. "Saya tidak berani memikirkan soal itu sekarang. Menurut saya dia James Bond yang luar biasa." (pl)

BERBAGI KE:
lintasberita

Berita Terkait:

0 Komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas comment nya kawan. Silahkan datang kembali ke blog saya ini ya?

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More