Jumat, 11 Juni 2010

Remaja Bali Setubuhi Sapi



Entah apa yang ada di benak remaja berinisial GA (18). Aksi GA menghebohkan Bali beberapa hari ini. Remaja itu kedapatan telah menyetubuhi seekor sapi di Kabupaten Jembrana, Bali.
Peristiwa ini terjadi Minggu 6 Juni 2010 di Desa Yeh Embang Jembrana, yang kerap digunakan untuk menggembala sapi...
Saat peristiwa terjadi, GA kepergok sedang melakukan hubungan badan dengan seekor sapi milik Wayan Yasa. Dia tertangkap basah Gusti Ngurah Dinar, yang tengah melintas tepi pantai dengan kakaknya.
Melihat peristiwa yang sangat ganjil itu, kemudian Dinar melaporkannya langsung kepada petugas desa setempat.
"Kami datangi anak itu dan meminta keterangannya, juga saksi. Dan kami sudah jajaki keluarga pelaku berikut pemilik sapi," kata Ida Bagus Legawa, Kamis 10 Juni 2010.
Perbuatan ini pernah terjadi sebelumnya di Buleleng. Perbuatan ini termasuk kategori dianggap buruk dan merusak kesucian Bali. Sanksinya, aparat desa akan menggelar upacara
pensucian dengan membuang sapi ke laut.
Aksi penyimpang GA dilakukan Minggu 6 Juni 2010 lalu. Ia menyetubuhi seekor sapi di pinggir pantai Jembrana. Aksinya itu dipergoki salah satu warga.
Perbuatan GA dianggap telah menodai Desa Yeh Embang, Jembrana, sehingga hari ini, GA berikut sapi yang dikerjainya akan dilarung ke laut.
"Ritual ini wajib, tujuannya untuk membersihkan desa yang telah dinodai oleh anak tersebut," jelas Ida Bagus Legawa, Bendesa Adat Desa Yeh Embang.
Selain ditenggelamkan kelaut dan diupacarai, GA juga harus membayar sanksi lain yakni membayar 2.000 keping uang kepeng (uang koin untuk upacara adat). Sementara Wayan Yasa si pemilik sapi akan mendapat ganti rugi Rp 5 juta karena rela sapinya ditenggelamkan ke laut.
Meski keduanya ditenggelamkan ke laut, namun beruntung GA tidak ditenggelamkan. Ritual menenggelamnya GA hanya sebatas simbolis saja untuk membuang aib pada dirinya.
"Anak ini hanya dimandikan di laut untuk membuang aib dan kotor akibat perbuatannya tersebut," kata Legawa. (mt)

dikutip dari
http://www.vivanews.com

BERBAGI KE:
lintasberita

Berita Terkait:

0 Komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas comment nya kawan. Silahkan datang kembali ke blog saya ini ya?

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More