Senin, 28 Juni 2010

HBA Dilantik 3 Agustus mendatang



JAMBI - Pasangan cagub dan cawagub peraih suara terbanyak di pilgub Jambi 19 Juni lalu, HBA-Fachori Umar, direncanakan akan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi 3 Agustus mendatang.
Pelantikan tersebut berbarengan dengan berakhirnya masa jabatan gubernur Jambi Zulkifli Nurdin yang sudah memimpin Jambi dua periode.
''Kita juga masih harus melihat ada atau tidaknya gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Kalau ada gugatan ke MK, juga akan ditunggu keputusan MK seperti apa. Kalau tidak ada kendala, tentunya serah terima jabatan dari Pak Zul ke gubernur terpilih tetap pada 3 Agustus,'' jelas Kasrianto, Anggota KPUD Provinsi Jambi kemarin.
Mantan wartawan Jambi Ekspres itu menambahkan, KPU Provinsi Jambi sendiri baru akan menggelar pleno penetapan hasil pilgub dan pemenangnya pada 30 Juni mendatang.
''Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat KPU Provinsi Jambi akan digelar pada 30 Juni 2010 mendatang,'' tegasnya.
Menurutnya, rekapitulasi tersebut rencananya akan digelar sekitar pukul 09.00 WIB, sedangkan penetapan hasil pilgub akan dimulai sekitar pukul 14.00 WIB di hari yang sama.
''Sebelum menggelar pleno, KPU Provinsi Jambi akan menggelar rapat pra rekapitulasi bersama KPU kabupaten/kota terlebih dahulu pada 29 Juni,'' jelasnya, seraya mengatakan, pihaknya baru saja menggelar rapat internal persiapan rekapitulasi tersebut.
Anggota KPU Provinsi Jambi lainnya, Pahmi SY, menambahkan, setelah penetapan, ada masa sanggah bagi kandidat yang kalah.
''Diberikan selama tiga hari,'' katanya.
Sementara itu, mengenai pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih, menurut Pahmi, akan dilakukan di gedung DPRD Provinsi Jambi dalam agenda paripurna istimewa.
"Mungkin akan dilantik oleh Depdagri," tutur anggota KPU Provinsi yang juga Dosesn IAIN STS Jambi ini.
Untuk diketahui, saat ini, proses rekapitulasi suara sudah sampai di KPU kabupaten/kota. Dari KPU kabupaten/kota ke KPU Provinsi ada waktu sekitara 5 hari, yakni 24-28 Juni.
Masih menurut Pahmi, saat ini proses rekapitulasi berjalan cukup lancar.
"Alhamdulillah, tidak ada hambatan berarti dalam prosesnya, hanya beberapa kesalahan teknis kecil yang sudah bisa diatasi,"tukas Pahmi.
9 KPU kabupaten/kota sudah merampungkan pleno perolehan suara pilgub Jambi, Jumat (25 /6) kemarin.
Anggota KPU Provinsi Jambi, Azhar Mulia, menambahkan, KPU Provinsi sudah mendapatkan laporan dari masing-masing kabupaten/kota terkait hasil pleno.
''Kecuali Merangin, semua sudah pleno, Merangin akan menggelar pleno hari Sabtu (26 /6),'' ungkap Azhar.
Dari laporan delapan KPU Kabupaten/Kota, jumlah total perolehan suara dari Tanjabtim, Tanjabar, Kota Jambi, Batanghari, Tebo, Bungo, Sarolangun dan Kerinci, hasil perolehan saura masing-masing kandidat yakni, ZA-Ami 297.341 atau 19 ,90 persen, lalu HBA-Fachrori 606.169 atau 40 ,58 persen, MM-Hich 383.662 atau 25 ,68 persen dan pasangan Safrial-ASN 206.760 atau 13 ,84 persen.
Sementara itu, khusus untuk kabupaten Muaro Jambi, HBA-Fachrori tercatat berhasil mendulang suara tertinggi dengan perolehan 72.931 suara atau 48 ,0 persen. Sementara pasangan MM- Hich berada diurutan kedua dengan jumlah suara sebanyak 42.423 atau 27 ,9 persen. Diperingkat ketiga menjadi milik pasangan SAS dengan perolehan suara sebanyak 24.793 atau 16 ,3 persen. Sementara diurutan paling bontot menjadi milik pasangan ZA-AMI dengan raihan 11.672 suara atau 7 ,7 persen.
KPU Batanghari yang baru saja merampungkan pleno, kemarin, juga menempatkan pasangan HBA-Fachrori di urutan teratas dengan total perolehan suara yang mencapai 48.882 suara (42 ,76 persen), terpaut tipis dengan pasangan MM-Hich yang memperoleh 44.062 suara (38 ,54 persen).
Sementara pasangan nomor urut 3 , ZA-Ami memperoleh 11.023 suara atau 7 ,7 persen.
KPU Batanghari yang baru saja merampungkan pleno, kemarin, juga menempatkan pasangan HBA-Fachrori di urutan teratas dengan total perolehan suara yang mencapai 48.882 suara (42 ,76 persen), terpaut tipis dengan pasangan MM-Hich yang memperoleh 44.062 suara (38 ,54 persen).
Sementara pasangan nomor urut 3 , ZA-Ami memperoleh 11.023 suara (9 ,64 persen), dan disusul pasangan SAS yang memperoleh suara terkecil sebanyak 10.347 suara (9 ,05 persen). Total suara keseluruhan 116.621 ( 67 ,98 persen) dari DPT Batanghari sebanyak 171.546.
HBA-Fachrori menang di 6 kecamatan dari 8 kecamatan yang ada dalam wilayah teritorial Kabupaten Batanghari. Yakni, Muara Tambesi, Muara Bulian, Bajubang, Pemayung, Bathin XXIV, dan Mersam. Sedangkan Kecamatan Muaro Sebo Ilir dan Muaro Sebo Ulu perolehan suara dimenangkan oleh pasangan nomor 3.
(wne/qie/era/pin)

BERBAGI KE:
lintasberita

Berita Terkait:

0 Komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas comment nya kawan. Silahkan datang kembali ke blog saya ini ya?

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More