Jumat, 28 Mei 2010

Hati hati pembajakan akun di YM dan FB


Jakarta, Geliat virus dan pembajakan akun di Yahoo Messenger sejatinya bukanlah hal baru. Namun tetap saja masih ada pengguna yang menjadi korban. Aksi penjahat cyber tak lantas berhenti sampai di situ, sasaran selanjutnya adalah Facebook.
Menurut Alfons Tanujaya, analis virus dari Vaksincom, virus yang coba menyusup di Facebook kini terus berkembang. Vaksincom mendeteksi hingga saat ini sudah ada tiga varian virus yang wara-wiri di situs...
besutan Mark Zuckerberg itu.
Virus ini biasanya menyusup dari aplikasi-aplikasi yang terdapat di Facebook. "Namun Facebook untungnya cukup tanggap, mereka sudah bisa memblokir aplikasi yang dianggap mencurigakan," ujarnya kepada detikINET , Rabu (27 /5 /2010).
Dua varian virus yang pertama, kata Alfons, masih hanya beraksi di komputer dengan sistem operasi Windows. Tapi kini varian yang teranyar mampu menyebar di multi platform.
"Secara resmi, varian virus yang ketiga ini belum dikasih nama," imbuhnya.
Sementara pembaca detikINET ada yang melaporkan mengenai aktivitas penipuan di Facebook. Modus yang dilakukan sama halnya penipuan yang membajak akun YM. Mengaku-ngaku sebagai si pemilik akun, tapi ujung-ujungnya ingin 'meminta sumbangan' alias meminjam uang.
"Jadi kalau ada teman chatting di Facebook meminta pinjaman berhati- hatilah karena bisa jadi akun Facebook teman Anda tersebut sudah dibajak. Modusnya sama dengan alasan di rumah sakit dan atm-nya patah atau tertelan," jelasnya.
Sementara itu
Tidak hanya artis Jajang C Noer, akun yahoo messenger (YM) milik istri penyanyi (alm) Chrisye, Damayanti Noor juga ikut dibajak. Modus yang digunakan pun hampir sama, yakni meminta uang ditransfer secepatnya karena sedang kesusahan.
"Yanti YM saya, dia bilang perlu duit. Saya juga heran kok mintanya ke saya," kata Jajang saat dihubungi detikcom , Kamis (27 /5 /2010).
Untunglah Jajang tidak sampai mentransfer uang yang diminta oleh Yanti. Meski sempat dalam hatinya, ia merasa iba.
"Saya fikir juga udah setengah lima pagi dan mungkin dia hanya lihat saya yang online. Kalau saya waktu itu punya phone banking mungkin udah dikirim," tambahnya.
Sebelumnya, Butet Kertaredjasa mengaku tertipu Rp 2 juta setelah chatting lewat Yahoo Messenger (YM) dengan Jajang C Noer. Dia tidak menyangka ternyata akun Jajang telah dibajak dedemit maya.
Pembajak YM Jajang kemudian meminta nomor rekening Butet dan akan mengembalikan uang tersebut pukul 14.00 WIB Kamis.

Sumber: http://www.detik.com

BERBAGI KE:
lintasberita

Berita Terkait:

1 Komentar:

salam kenal saudaraku, info menarik nih,

eh ya visit n follow saya di muadzlamola.blogspot.com ya

Posting Komentar

Terimakasih atas comment nya kawan. Silahkan datang kembali ke blog saya ini ya?

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More